FORUM DISKUSI PENDIDIK “Peluang dan Tantangan Peningkatan Kompetensi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka”


WEBSMKGTBI-Evaluasi Tenaga Pendidik merupakan kegiatan yang di agendakan oleh yayasan sekolah, dalam kegiatan ini selain membahas peningkatan implementasi Kurikulum Merdeka juga memperkuat dan meningkatkan kinerja sekolah, yaitu mengenai kegiatan belajar mengajar dan pengelolaan sekolah. Kegiatan dipandu oleh pengelola yayasan sekolah:

  1. Prof. Dr. Endang Ekowarni sebagai Pembina Yayasan
  2. Yuni Kusmiati,SH.,M.Hum sebagai Pengawas Yayasan
  3. Kapt. Inf. Purn. Suwarto sebagai Komite Sekolah
Penyampain Pemaparan materi oleh Prof. Dr. Endang Ekowarni sebagai Pembina Yayasan

Dalam rangka meningkatkan kompetensi pendidik di SMK Ganesha Tama Boyolali, Prof. Dr. Endang Ekowarni menyampaikan beberapa Materi dan Soal sebagai bahan diskusi. Bahan diskusi meliputi:

  • Evaluasi Kualiatas Pribadi dan Kompetensi Pendidik
    • Soft skill dan Hard Skill
  • Identifikasi Struktur Organisasi Sekolah
    • Efektifitas Pengelolaan

Diskusi dibagi menjadi beberapa kelompok. Hasil diskusi akan di presentasikan sebagai bahan pokok pembahasan, dimana tampungan informasi kritik dan saran menjadi bahan ajar untuk dapat di pertimbangkan guna meningkatkan program kinerja manajemen sekolah.

Metode dan analisa yang diberikan sebagai bentuk upaya pertimbangan dalam pemufakatan untuk nanti hinga tahap implementasinya.

Penjelasan tentang kurikulum merdeka oleh Ibu Rina Dewi A.,S. Pd. Gr

Penjelasan kurikulum merdeka oleh Ibu Rina Dewi A.,S. Pd. Gr

Kurikulum merdeka berawal dari penyederhanaan dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka, karena adanya dampak dari pandemi di sektor pendidikan di indonesia yang mengalami kehilangan pengetahuan/keterampilan peserta didik di Indonesia sehingga perlu adanya penyederhanaan dua konsep kurikulum.

Ciri kurikulum merdeka adalah

  • Berorientasi pada holistik
    kurikulum di rancang untuk mengembangkan murid secara holistik untuk mencakup kecakapan akademis dan non akademis, kognitif, sosial, ekonomi,emosional,dan spiritual.
  • Kurikulum ini berbasis kompetensi bukan hanya konten
  • Kontekstualisasi dan Personalisasi
    kurikulum di rancang sesuai dengan konteks budaya, misi sekolah, lingkungan lokal dan kebutuhan murid.

Tiga ciri guru merdeka belajar

  1. Komitmen pada tujuan
  2. Mandiri pada cara
  3. Melaksanakan refleksi secara berkala

Penjelasan Umum Bapak Drs. Danar Murdoko Kepala Sekolah Smk Ganesha Tama Boyolali

Pada kegiatanini, inti pokok tema menunjukan dua topik pembahasan yang akan di diskusikan menjadi bagaian kelompok A dan B.

Berikut init poko yang beliau sampaikan:

  • Evaluasi Kualiatas Pribadi dan Kompetensi Pendidik
    • Soft skill dan Hard Skill
      Harapan diskusi ini nanti akan digunakan sebagai bahan pertimbangan program kerja pada tahun-tahun berikutnya dengan peningkatan soft dan hard skill para pendidik, sehingga ada penguatan dalam implementasi Kurikulum Merdeka.
  • Identifikasi Struktur Organisasi Sekolah
    • Efektifitas Pengelolaan
      Sedangkan topik yang ke dua adalah Identifikasi Struktur Organisasi Sekolah. Dalam kegiatan ini nanti, bagaimana sekolah itu menjadi lebih efektif menjadi sebuah topik yang akan di diskusikan nanti. sehingga tujuan dari kurikulum merdeka ini bisa tercapai

Kegiatan Forum Diskusi Peluang dan Tantangan Peningkatan Kompetensi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Foto Forum Diskusi Kelompok

link terkait webinar penguatan kurikulum merdeka

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *