INFORMASI
Penerimaan Peserta Didik Baru SMK Ganesha Tama Boyolali

WEBSMKGTBI-Evaluasi Tenaga Pendidik merupakan kegiatan yang di agendakan oleh yayasan sekolah, dalam kegiatan ini selain membahas peningkatan implementasi Kurikulum Merdeka juga memperkuat dan meningkatkan kinerja sekolah, yaitu mengenai kegiatan belajar mengajar dan pengelolaan sekolah. Kegiatan dipandu oleh pengelola yayasan sekolah:
- Prof. Dr. Endang Ekowarni sebagai Pembina Yayasan
- Yuni Kusmiati,SH.,M.Hum sebagai Pengawas Yayasan
- Kapt. Inf. Purn. Suwarto sebagai Komite Sekolah

Dalam rangka meningkatkan kompetensi pendidik di SMK Ganesha Tama Boyolali, Prof. Dr. Endang Ekowarni menyampaikan beberapa Materi dan Soal sebagai bahan diskusi. Bahan diskusi meliputi:
- Evaluasi Kualiatas Pribadi dan Kompetensi Pendidik
- Soft skill dan Hard Skill
- Identifikasi Struktur Organisasi Sekolah
- Efektifitas Pengelolaan
Diskusi dibagi menjadi beberapa kelompok. Hasil diskusi akan di presentasikan sebagai bahan pokok pembahasan, dimana tampungan informasi kritik dan saran menjadi bahan ajar untuk dapat di pertimbangkan guna meningkatkan program kinerja manajemen sekolah.
Metode dan analisa yang diberikan sebagai bentuk upaya pertimbangan dalam pemufakatan untuk nanti hinga tahap implementasinya.
Penjelasan tentang kurikulum merdeka oleh Ibu Rina Dewi A.,S. Pd. Gr

Kurikulum merdeka berawal dari penyederhanaan dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka, karena adanya dampak dari pandemi di sektor pendidikan di indonesia yang mengalami kehilangan pengetahuan/keterampilan peserta didik di Indonesia sehingga perlu adanya penyederhanaan dua konsep kurikulum.
Ciri kurikulum merdeka adalah
- Berorientasi pada holistik
kurikulum di rancang untuk mengembangkan murid secara holistik untuk mencakup kecakapan akademis dan non akademis, kognitif, sosial, ekonomi,emosional,dan spiritual. - Kurikulum ini berbasis kompetensi bukan hanya konten
- Kontekstualisasi dan Personalisasi
kurikulum di rancang sesuai dengan konteks budaya, misi sekolah, lingkungan lokal dan kebutuhan murid.
Tiga ciri guru merdeka belajar
- Komitmen pada tujuan
- Mandiri pada cara
- Melaksanakan refleksi secara berkala
Penjelasan Umum Bapak Drs. Danar Murdoko Kepala Sekolah Smk Ganesha Tama Boyolali

Pada kegiatanini, inti pokok tema menunjukan dua topik pembahasan yang akan di diskusikan menjadi bagaian kelompok A dan B.
Berikut init poko yang beliau sampaikan:
- Evaluasi Kualiatas Pribadi dan Kompetensi Pendidik
- Soft skill dan Hard Skill
Harapan diskusi ini nanti akan digunakan sebagai bahan pertimbangan program kerja pada tahun-tahun berikutnya dengan peningkatan soft dan hard skill para pendidik, sehingga ada penguatan dalam implementasi Kurikulum Merdeka.
- Soft skill dan Hard Skill
- Identifikasi Struktur Organisasi Sekolah
- Efektifitas Pengelolaan
Sedangkan topik yang ke dua adalah Identifikasi Struktur Organisasi Sekolah. Dalam kegiatan ini nanti, bagaimana sekolah itu menjadi lebih efektif menjadi sebuah topik yang akan di diskusikan nanti. sehingga tujuan dari kurikulum merdeka ini bisa tercapai
- Efektifitas Pengelolaan
Kegiatan Forum Diskusi Peluang dan Tantangan Peningkatan Kompetensi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

- Diskusi kelompok A1
- Diskusi kelompok A2
- Diskusi kelompok A3
- Diskusi kelompok A4
- Diskusi kelompok B1
- Diskusi kelompok B2
- Diskusi kelompok B3
- Diskusi kelompok B4
link terkait webinar penguatan kurikulum merdeka