KOMPONEN-KOMPONEN ENGINE


GAMBAR KOMPONEN-KOMPONEN ENGINE KIJANG 5K

car-engine1 Fungsi Flywheel : Roda gila adalah sebuah roda yang dipergunakan untuk meredam perubahan kecepatan putaran dengan cara memanfaatkan kelembaman putaran (moment inersia).

Fungsi Blok silinder (Cylinder Block) : sebagai tempat untuk menghasilkan energi panas dari proses pembakaran bahan bakar.

Fungsi Torak (piston) : untuk memindahkan tenaga yang diperoleh dari hasil pembakaran bahan bakar ke poros engkol (crank shaft) melalui batang torak (connecting road).

Fungsi Cincin Torak (Ring piston)
– Mencegah kebocoran gas bahan bakar saat langkah kompresi dan usaha.
– Mencegah masuknya oli pelumas ke ruang bakar.
– Memindahkan panas dari piston ke dinding silinder.

Fungsi Batang Torak (Connecting Rod) : Menerima tenaga dari piston yang diperoleh dari pembakaran bahan bakar dan meneruskannya keporos engkol.

Fungsi Poros Engkol (crank shaft) : Mengubah gerak naik turun torak menjadi gerak berputar yang akhirnya menggerakkan roda-roda.

Fungsi Bantalan (Bearing) : Mencegah keausan dan mengurangi gesekan pada poros engkol.

Katup (Valve)
fungsi: Membuka dan menutup saluran masuk dan saluran buang.

Pegas Katup (Valve Spring)
fungsi: Mengembalikan katup pada kedudukan/posisi semula dan memberi tekanan pada katup agar dapat menutup dengan rapat.

Tuas Katup ( Rocker arm )
fungsi: Menekan katup – katup sehingga dapat membuka.

Batang pendorong ( push rod )
fungsi: Meneruskan gerakan valve lifter ( pengangkat katup ) ke rocker arm.

Pengangkat Katup ( Valve Lifter )
fungsi: Memindahkan gerakan camshaft ( poros nok ) ke rocker arm melalui push rod.

Poros Bubungan / Poros Nok ( camshaft )
fungsi: Membuka dan menutup katup sesuai dengan waktu ( Timming ) yang telah diitentukan.

Karter ( Oil Pan )
fungsi: Menampung oli pelumas.

Pena Torak ( Piston pin )
fungsi: Menghubungkan torak dengan connecting rod melalui lubang bushing.

Bantalan Luncur Aksial ( Thrust Waser )
fungsi: Menahan poros engkol agar tidak bergerak/bergeser maju-mundur.

Timming Chain : rantai timing / Timing Belat : sabuk timing
fungsi: Menghubungkan gerak putar poros engkol keporos nok.

Kepala Silinder ( Cylinder Head )
fungsi: Tempat kedudukan mekanisme katup, ruang bakar, busi dan sebagai tutup blok silinder.

Dudukan Katup ( Valve Seat )
fungsi: Tempat dudukan katup saat menutup.

Busi

Busi merupakan salah satu komponen sistem pengapian yang dapat meloncatkan bunga api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar di akhir langkah kompresi. Busi mempunyai dua elektroda, yakni elektroda tengah dihubungkan ke terminal busi, dan elektroda samping yang dihubungkan dengan massa.

 

Distributor  Fungsinya :

  • Menghubungkan dan memutuskan arus pada rangkaian primer sehingga ignition coil menghasilkan tegangan tinggi (bagian pemutus arus).
  • Menjadikan tepatnya waktu pembangkitan tegangan tinggi sesuai dengan putaran mesin (bagian centrifugal advance dan vacum advance).
  • Meneruskan arus bertegangan tinggi pada busi sesuai dengan urutan pengapiannya (Firing Order)Busi

 

 

 

 

 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *